MINORITAS Syiah muncul sebagai pemenang utama dalam pemilihan anggota parlemen Kuwait. Meskipun pemilihan anggota parlemen tengah diboikot oleh oposisi yang dianggap perakitan baru ini “tidak sah,” karena sedikitnya jumlah pemilih.
Kandidat Syiah mengantongi 17 dari 50 kursi parlemen. Ini merupakan penghitungan terbesar mereka, sejak mereka menolak untuk bergabung panggilan oleh oposisi yang didominasi Sunni, untuk memboikot pemilu sebagai protes terhadap amandemen undang-undang pemilihan.
Syiah, yang membentuk sekitar 30 persen dari seluruh penduduk Kuwait, sebelumnya hanya memiliki sembilan kursi di parlemen pada pemilu tahun 2009, dan tujuh di majelis terpilih pada bulan Februari 2009, namun kemudian putusan ini dibatalkan oleh pengadilan.
Sedangkan Islamis Sunni dikurangi jumlahnya menjadi minoritas kecil dari empat anggota parlemen, dibandingkan dengan pemilu pada bulan Februari 2009, yang meraih 23 kursi. [sm/islampos/alarabiya]
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: